Pelatihan Bidang Pemetaan PT. Manokwari Mandiri Lestari

Konten [Tutup]

    Pelatihan bidang pemetaan adalah program pelatihan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pemetaan kepada peserta. 

    Pelatihan Bidang Pemetaan

    Yogyakarta
    – Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pegawai/staf dalam bidang pemetaan. PT. Manokwari Mandiri Lestari, Papua Barat menugaskan salah seorang pegawai untuk mengikuti kegiatan pelatihan bidang pemetaan yang diselenggarakan oleh Technophoria Yogyakarta.

    Pelatihan dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 7 September s.d. 11 September 2019 bertempat di gedung Grha Technophoria Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Yogyakarta. Pelatihan bidang pemetaan terdiri dari 3 bagian yaitu Geographic Information System (GIS), Penginderaan Jauh (Remote Sensing) dan Drone untuk Pemetaan (Drone Mapping).

    Pada pelatihan GIS, peserta belajar tentang konsep mengenai data spasial, pemetaan, jenis data hingga aplikasi pengolahan yang berada di pasaran. Pengenalan basis data spasial (spatial database) dan cara pembuatan/pengelolaannya. 

    Pengenalan dan pembuatan data spasial. Cara melakukan simbolisasi dan tips-trik penyimbolan yang benar (Simbolisasi). Editing atribut dan berbagai jenis query data (editing data spasial). Buffer, overlay, dissolve, dan spatial join dan Layout; menata dan mempercantik peta hingga siap cetak (Geoprocessing).

    Pada pelatihan Penginderaan Jauh atau disingkat inderaja peserta belajar tentang konsep dasar penginderaan jauh, pengenalan citra penginderaan jauh, pra-pengolahan citra penginderaan jauh. Intrepretasi visual, interpretasi digital, post-pengolahan citra penginderaan jauh, simbologi peta, dan membuat layout peta.

    Sedangkan pada pelatihan Drone Mapping, peserta belajar konsep dasar pemetaan dengan Drone/UAV, mekanisme cara pengoperasian Drone, perencanaan jalur terbang, pengambilan foto udara/akusisi data, dan pengolahan data foto menjadi orthophoto.

    Dari ketiga pelatihan di atas, diharapkan peserta memiliki wawasan dan pemahaman tentang konsep dasar dalam pembuatan peta, proses pembuatan peta mulai dari pengambilan data menggunakan Drone, mengolah data menggunakan aplikasi GIS sampai dengan hasil akhir dari pembuatan peta yaitu pencetakan peta. (Ocd)

    Pemetaan Drone Adalah

    Pemetaan adalah proses membuat peta yang menggambarkan informasi geografis suatu area, seperti topografi, batas administrasi, bangunan, dan lain-lain.

    Berikut adalah topik yang mungkin termasuk dalam pelatihan bidang pemetaan:

    1. Pengenalan Sistem Informasi Geografis (SIG): SIG adalah teknologi yang digunakan untuk mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data geografis. Peserta akan belajar tentang konsep dasar SIG, penggunaan perangkat lunak SIG, dan cara mengintegrasikan data dalam pemetaan.

    2. Pemrosesan Citra Satelit: Citra satelit digunakan dalam pemetaan untuk mendapatkan informasi tentang suatu area. Peserta akan belajar tentang teknik pemrosesan citra satelit, seperti interpretasi citra satelit, pemantauan perubahan, dan analisis spasial.

    3. Penggunaan Pemetaan Digital: Pemetaan digital menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak untuk membuat peta digital yang akurat dan informatif. Peserta akan belajar tentang alat dan teknik dalam pemetaan digital, seperti penanggalan udara, pemetaan menggunakan drone, dan penggunaan perangkat lunak pemetaan.

    4. Sistem Koordinat dan Proyeksi: Peserta akan mempelajari sistem koordinat dan proyeksi yang digunakan dalam pemetaan. Mereka akan belajar tentang klasifikasi sistem koordinat dan proyeksi, serta cara mengubah koordinat dari satu sistem ke sistem lainnya.

    5. Topografi dan Pengukuran: Peserta akan mempelajari tentang topografi, yang melibatkan pengukuran dan pencatatan fitur alam dan buatan manusia di suatu area. Mereka akan belajar tentang instrumen dan teknik pengukuran topografi, seperti menggunakan theodolite, total station, dan GPS.

    6. Peta Tematik: Peta tematik adalah peta yang menggambarkan tema atau informasi khusus, seperti penduduk, cuaca, atau ekologi. Peserta akan belajar tentang cara membuat peta tematik yang jelas dan informatif.

    7. Validasi dan Akurasi Peta: Peserta akan belajar tentang pentingnya validasi dan pengukuran akurasi peta. Mereka akan mempelajari teknik validasi serta pembahasan tentang batas akurasi yang diberikan dalam pemetaan.

    8. Etika dan Hukum dalam Pemetaan: Peserta akan diberikan pengetahuan tentang etika dalam pemetaan, seperti keberlanjutan lingkungan dan penggunaan data yang diperoleh. Mereka juga akan mempelajari hukum dan peraturan yang berlaku dalam pemetaan.

    Pelatihan bidang pemetaan ini akan memberikan pengetahuan dan keterampilan yang akan memungkinkan peserta untuk melakukan pemetaan dengan akurasi dan efisiensi. Pelatihan ini umumnya ditujukan bagi para profesional seperti surveyor, ahli GIS, dan pekerja di bidang urban planning atau pengembangan wilayah.

    Belum ada Komentar untuk "Pelatihan Bidang Pemetaan PT. Manokwari Mandiri Lestari"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel