Mengenal Emotional Wheel Berikut Cara Menggunakannya

Konten [Tutup]

    Technophoria, Mengenal Emotional Wheel Berikut Cara Menggunakannya - Pernahkah Anda merasakan emosi yang kuat tetapi berjuang untuk menemukan cara untuk mengungkapkan perasaan Anda ke dalam kata-kata? 

    Mungkin Anda sedang mengalami perpisahan yang sulit dan mengalami kesulitan memproses campuran kemarahan, kesedihan, kesedihan, dan emosi lain yang Anda alami.

    Mengenal Emotional Wheel

    Beberapa mungkin bahkan tidak mungkin untuk diidentifikasi. Atau mungkin Anda bersemangat tentang kemungkinan sesuatu yang baru seperti promosi misalnya. 

    Akan tetapi mengalami sesuatu yang baru adalah sesuatu yang tidak dapat Anda ungkapkan. Baca terus artikel kami mengenai Mengenal Emotional Wheel berikut cara menggunakannya.

    Memperkenalkan Emotion Wheel

    Emotion Wheel menawarkan representasi visual dari emosi primer, menampilkan berbagai tingkat dan kompleksitas perasaan yang berbeda. 

    Sebagai alat, ini dapat membantu orang bergulat, memberi nama, dan berdamai dengan emosi mereka dalam banyak konteks berbeda, termasuk sekadar mengembangkan kesadaran diri yang lebih besar .  

    Apa itu Emotion Wheel?

    Dibuat oleh psikolog, Emotion Wheel menggambarkan delapan emosi dasar: kemarahan, antisipasi, jijik, ketakutan, kegembiraan, kesedihan, kejutan, dan kepercayaan. 

    Emotion Wheel tersebut disusun dalam bentuk melingkar dengan setiap bagian berisi tiga derajat yang berbeda dari setiap emosi, dengan pusat emosi di tengah.

    Misalnya, untuk emosi "kemarahan", tingkat yang lebih rendah adalah kekesalan, diwakili di tepi luar irisan, dan tingkat yang lebih besar adalah kemarahan, yang terletak di tengah Emotion Wheel. Setiap emosi diberi kode warna, dengan derajat berbeda yang diwakili oleh warna yang lebih gelap dan lebih terang.

    Dalam kasus kemarahan, misalnya, kemarahan berwarna merah tua, sedangkan kemarahan adalah warna merah yang lebih terang dan kejengkelan lebih berwarna merah muda. 

    Emotion Wheel juga berisi delapan kombinasi angka dua dari perilaku yang terkait dengan emosi, yang berada di antara pasangan masing-masing emosi di luar bentuk bunga: 

    Kemarahan + antisipasi: agresivitas

    Antisipasi + kegembiraan: optimisme

    Sukacita + kepercayaan: cinta

    Kepercayaan + ketakutan: penyerahan

    Ketakutan + kejutan: kagum

    Kejutan + kesedihan: ketidaksetujuan

    Kesedihan + jijik: penyesalan

    Jijik + kemarahan: penghinaan

    Bagaimana Mengenal Emotional Wheel Berikut Cara Menggunakannya?

    Seperti Apakah Delapan Emosi Inti itu?

    Seperti yang dijelaskan oleh Plutchik, delapan emosi utama adalah kemarahan, antisipasi, jijik, ketakutan, kegembiraan, kesedihan, kejutan dan kepercayaan.Emosi-emosi ini secara fisik diposisikan berlawanan dengan kebalikannya yang sebenarnya di atas kemudi, dan masing-masing berisi tiga derajat yang berbeda:

    Kemarahan (kebalikan dari rasa takut): derajat adalah gangguan dan kemarahan

    Antisipasi (kebalikan dari kejutan): derajat adalah minat dan kewaspadaan

    Jijik (kebalikan dari kepercayaan): derajat adalah kebosanan dan kebencian

    Ketakutan (kebalikan dari kemarahan): derajat adalah ketakutan dan teror

    Kegembiraan (kebalikan dari kesedihan): derajat adalah ketenangan dan ekstasi

    Kesedihan (kebalikan dari kegembiraan): derajat adalah termenung dan kesedihan

    Kejutan (kebalikan dari antisipasi): derajat adalah gangguan dan keheranan

    Kepercayaan (kebalikan dari rasa jijik): derajat adalah penerimaan dan kekaguman

    Cara Menggunakan Emotional Wheel

    Emotional Wheel adalah alat yang memungkinkan orang untuk menggambarkan dan mengungkapkan emosi mereka, serta memahami hubungan antara dan intensitas perasaan mereka. Kemampuan untuk mengartikulasikan dan mengidentifikasi emosi merupakan komponen penting dari kecerdasan emosional. 

    Orang dapat menggunakan Emotionanl Wheel untuk mengidentifikasi emosi mereka dan memahami bagaimana perasaan mereka, membuat keputusan yang tepat, mencari resolusi.

    Konteks di Mana Orang Menggunakan Emotion Wheel

    Emotion Wheel juga dapat membantu untuk digunakan ketika mencoba menjelaskan emosi Anda kepada orang lain, seperti dalam terapi. 

    Kemampuan untuk memberi nama pada apa yang kita rasakan dapat memberi inpidu rasa kontrol yang lebih besar dan membantu mereka mengembangkan rencana untuk bergerak maju dan mengatasi. Banyak organisasi menggunakan Emotion Wheel atau variasinya untuk memfasilitasi pembangunan tim.

    Mendorong anggota dan karyawan untuk membangun landasan bersama, memahami perspektif satu sama lain, dan lebih jauh mengembangkan kesadaran diri mereka sendiri. 

    Hal ini dapat menyebabkan hubungan kerja yang lebih baik, serta meningkatkan keterampilan inpidu. Bagaimanapun, pemimpin dan karyawan sama-sama perlu memiliki kecerdasan emosional yang kuat untuk melakukan pekerjaan mereka dengan baik.

    Emotion Wheel dalam Pekerjaan, Kehidupan, dan Seterusnya

    Ketika menciptakan Emotion Wheel, dia mencatat bahwa semua hewan menunjukkan berbagai emosi. Perasaan adalah proses yang kompleks, dan memahami perasaan kita terkadang bisa membuat kita kewalahan. 

    Emotion Wheel memberi kita penjelasan dan memungkinkan kita untuk mengeksplorasi mengapa kita merasakan apa yang kita rasakan, serta bagaimana kita mewujudkan sentimen tersebut.  

    Emotion Wheel adalah alat yang dapat digunakan orang di banyak bidang kehidupan mereka, mulai dari hubungan hingga pekerjaan hingga berdamai dengan hal-hal yang memengaruhi mereka dan bergerak maju. Pada akhirnya, ini meningkatkan kesadaran dan pemahaman diri yang lebih besar.

    Itu saja mengenai tentang Mengenal Emotional Wheel berikut cara menggunakannya seperti yang dilansir slot, semoga bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "Mengenal Emotional Wheel Berikut Cara Menggunakannya "

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel