Yuk Ketahui Beberapa Penyebab Laptop Mati Sendiri Meski Tidak Panas

Konten [Tutup]

    Masalah laptop mati sendiri biasanya terjadi karena laptop terlalu panas atau panas berlebih dan sudah melewati ambang batas. 

    Shutdown otomatis pada laptop merupakan hal yang dirancang untuk melindungi dari kerusakan lebih lanjut pada hardware, karena seperti yang kita ketahui, panas yang berlebihan dapat merusak CPU dan komponen lain pada laptop.

    Yuk Ketahui Beberapa Penyebab Laptop Mati Sendiri Meski Tidak Panas

    Namun terkadang ada juga kasus laptop yang tiba-tiba mati padahal tidak panas, bahkan laptop akan mati sendiri setelah beberapa menit digunakan, tanpa menjalankan software berat atau aktivitas lain yang dapat memicu terjadinya overheat. 

    Kalau dicek suhunya normal dan tidak panas. Mengapa demikian? Lalu apa sebenarnya penyebab laptop mati sendiri? Berikut beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya.

    Penyebab Laptop Mati Sendiri

    Baterai Rusak

    Jika masalah laptop mati sendiri padahal tidak panas hanya terjadi saat laptop sedang menggunakan baterai (tanpa mencolokkan charger) maka bisa diduga baterailah penyebabnya. 

    Setiap baterai memiliki umur yang terbatas, jika mencapai siklus tertentu maka kapasitasnya akan berkurang.

    Jika baterai laptop mengalami kerusakan atau yang sering disebut dengan aus, kemungkinan besar laptop tiba-tiba mati saat sedang digunakan karena aliran listrik dari baterai terputus secara tiba-tiba. Meski sebelumnya Anda melihat indikator energi, namun baterainya masih cukup penuh.

    Untuk benar-benar memastikannya, Anda bisa mencoba menggunakan laptop dengan menghubungkannya ke charger dan melihat apakah masalah ini masih terjadi atau tidak. 

    Jika ternyata laptop dalam keadaan normal saat digunakan dengan charger, maka ini tandanya sudah saatnya mengganti baterai dengan yang baru.

    Power Supply Atau Charger Rusak

    Mirip dengan penyebab pertama di atas, selain kerusakan baterai pada power supply atau charger laptop juga bisa menyebabkan laptop tiba-tiba mati sendiri padahal tidak panas. Jika rusak maka aliran listrik akan terputus dan laptop akan mati, baik dingin maupun panas. 

    Jika Anda sering mencium bau kabel terbakar, atau charger berbunyi bip saat digunakan, Anda perlu memeriksa apakah charger Anda bermasalah. 

    Memperbaiki charger yang rusak memang sulit, sehingga jika charger laptop Anda rusak akan lebih mudah untuk menggantinya dengan yang baru. 

    Bagi Anda yang menggunakan PC, hal serupa juga bisa terjadi. PC Anda bisa tiba-tiba mati sendiri padahal tidak terlalu panas karena ada masalah pada Power Supply. 

    Seperti yang kita ketahui, Power Supply pada PC berfungsi untuk menyuplai energi ke seluruh komponen yang ada. Jika rusak, seluruh komponen tidak mendapat energi atau arus tidak stabil sehingga menyebabkan fail safe dan auto shutdown alias mati sendiri tanpa peringatan.

    Motherboard Rusak

    Laptop yang sering dibawa dalam tas akan sering mengalami posisi miring dan mendapat tekanan dari benda lain yang ada di dalam tas. Hal ini dapat menyebabkan motherboard menjadi bengkok dan rusak seiring berjalannya waktu. 

    Motherboard merupakan papan rangkaian inti yang menghubungkan seluruh komponen yang ada pada laptop, jika rusak maka akan berakibat sangat fatal. 

    Kerusakan pada motherboard juga bisa menyebabkan laptop sering mati sendiri saat digunakan padahal tidak panas atau overheat. 

    Kerusakan pada motherboard tidak hanya disebabkan oleh kasus seperti di atas, penyebab lain seperti tetesan air, korsleting, terbakar, atau kerusakan alami akibat penggunaan juga bisa menjadi faktor yang mungkin dialami.

    IC Power Rusak

    Penyebab laptop mati sendiri padahal tidak panas selanjutnya adalah rusaknya komponen bernama IC Power. IC merupakan singkatan dari Integrated Circuit. 

    IC Power berfungsi untuk mengatur aliran listrik ke seluruh komponen pada laptop. Rusaknya IC Power ini bisa menimbulkan banyak gejala seperti laptop menyala tapi layar mati, tidak bisa mengisi baterai, laptop sering mati sendiri padahal tidak panas hingga menyebabkan laptop mati total. 

    Untuk mengetahui secara pasti apakah Power IC pada laptop anda rusak atau tidak, anda perlu membongkar laptop tersebut dan menguji Power IC tersebut menggunakan suatu alat. Jika tidak bisa melakukannya sendiri, disarankan untuk membawanya ke pusat servis komputer.

    Virus Dan Malware

    Selain masalah hardware, laptop mati sendiri padahal tidak panas juga bisa disebabkan oleh virus dan malware. 

    Program jahat itu banyak macamnya dan masalah yang ditimbulkannya juga berbeda-beda, salah satunya menyebabkan sistem crash, muncul blue screen, dan laptop sering mati sendiri.

    Untuk mencegah virus dan malware mudah masuk ke dalam laptop anda, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan yaitu jangan menginstall program sembarangan dari sumber yang tidak dikenal, jangan mengklik link apapun yang dibagikan oleh orang tak dikenal atau dari email spam, dan selalu perbarui laptop anda. Jika diaktifkan dan diupdate secara berkala, antivirus ini juga cukup baik untuk mencegah masuknya virus.

    Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Yuk Ketahui Beberapa Penyebab Laptop Mati Sendiri Meski Tidak Panas seperti yang dilansir slot online. Semoga bermanfaat. 

    Belum ada Komentar untuk "Yuk Ketahui Beberapa Penyebab Laptop Mati Sendiri Meski Tidak Panas"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel